Nama Justin Trudeau mungkin belum terlalu terkenal di Indonesia. Ketenarannya masih kalah dengan sosok lain yang bernama sama seperti Justin Bieber atau Justin Timberlake. Namun, dalam beberapa minggu terakhir, pria yang baru berusia 43 tahun ini telah menjadi buah bibir di berbagai media cetak dan media sosial. Siapakah dia?

trudeau 4

Perdana Menteri Idola Publik

 

Justin Trudeau adalah perdana menteri baru di negeri daun Mapel. Akibat parasnya yang rupawan, ia pun kerap disamakan dengan pangeran dari negeri dongeng Disney. Ajakan untuk pindah ke Kanada pun mulai bergema di berbagai media. Kanada memang negeri yang akrab di telinga para imigran yang ingin mencari penghidupan lebih baik. Dengan latar belakang penduduk yang sangat beragam, tak heran jika anda bisa mendengar banyak bahasa yang digunakan sekaligus dalam satu waktu di satu tempat yang sama.

Rupanya daya tarik Justin bukan sekedar di sosok dan posturnya yang bak pemain film Hollywood. Pria ini memiliki latar belakang keluarga yang sangat baik. Ia adalah anak dari mantan Perdana Menteri Kanada ke 15, Pierre Trudeau. Pria yang lahir saat hari natal ini sudah sangat familiar di mata penduduk Kanada. Ia sering berpergian dengan sang ayah dan berjabat tangan dengan para pemimpin dunia.

Sosok yang bersahabat dengan penduduk dengan latar belakang beragam termasuk kaum muslimah yang sering mendapatkan ancaman di ruang publik di negara Barat.

 

Ia pun menjadi satu dari para politisi yang dianggap membawa harapan di dunia internasional. Tatkala para pemimpin negara di dunia menunjukkan aksi Islamophobia, ia pun dengan tegas menyatakan dukungannya pada para wanita muslim untuk tetap menggunakan hijabnya. Ia juga sangat pro wanita dan ingin setiap wanita mendapatkan kesempatan untuk berkarir dengan lebih baik. Justin Trudeau juga merepresentasikan sosok “family man” yang ideal. Pria yang beristrikan seorang pembawa acara TV ini telah memiliki tiga orang anak dan tidak segan menunjukkan kemesraan keluarganya di depan kamera.

trudeau 5

Seorang family man

 

Setelah ia dinyatakan menang, Justin pun segera menyusun daftar kabinetnya. Para menteri yang terpilih berusia di antara 35 dan 50 tahun, dan setengah dari mereka adalah perempuan. Saat ditanya oleh para pewarta mengenai keseimbangan gender merupakan hal yang penting bagi Justin, ia pun menjawab: “Karena ini adalah tahun 2015”. Kabinet yang disusun Trudeau juga dihiasi oleh wajah lama yang ia anggap kompeten di bidangnya. Justin Trudeau juga mempertimbangkan pentingnya diversifikasi latar belakang dalam susunan kabinetnya. Selain memilih seseorang yang berlatar belakang agama Sikh, ia juga memilih 10 menteri yang beragama Islam untuk duduk di kabinetnya.

Bertolak belakang dengan perdana menteri sebelumnya yang menunjukkan sikap agresif dan pro Israel, Justin justru menginginkan Kanada tetap menjadi negara yang mengedepankan perdamaian, berperan dalam konflik Israel dan Palestina, dan ia juga berniat untuk menerima lebih banyak pengungsi dari Syria. Ia percaya bahwa Kanada bisa sekali lagi memainkan peran internasional yang lebih konstruktif.  Banyak yang merayakan kembalinya Kanada ke diplomasi yang konstruktif, dipimpin oleh seorang pria yang mereka percaya memiliki komitmen untuk bekerjasama untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.

Semoga di Indonesia juga semakin banyak lahir pemimpin yang berenergi positif dan bisa membawa negara ke arah yang lebih baik.

Siapa tahu di antara mereka adalah anak-anak anda. Semangat ya ibu-ibu semua. Semoga suatu hari buah hatinya bisa menjadi seseorang yang mengharumkan nama bangsa ke dunia internasional. Paras (ganteng/cantik) tentu saja menjadi nilai plus, dan karena semua ibu akan berkata bahwa anaknya paling ganteng, cantik atau imut sedunia, jadi semua anak Indonesia punya kesempatan dong untuk tampil cemerlang.

Tetap semangat semuanya karena di tangan kitalah para pemimpin bangsa terlahir.

 

 

Share this:
Menu Title